Spesial Resensi Buku 💖

 

Beberapa resensi buku koleksi Perpustakaan Omah PMII yang bisa kami kerjakan:

((( HOPE YOU LIKE IT )))

 

 

                        Judul         : Identifikasi dan Asesmen Anak    Berkebutuhan Khusus: Setting Pendidikan Khusus

                        Pengarang : Imam Yuwono

                        Penerbit     : Pustaka Banua

                        Tebal          : 219 halaman

                        Tahun         : 2015


 


Resensi:

        Inklusi adalah suatu sistem ideologi dimana secara bersama-sama  tiap-tiap warga sekolah yaitu masyarakat, kepala sekolah, guru, pengurus yayasan, petugas administrasi sekolah, para siswa dan orang tua menyadari tanggungjawab bersama dalam mendidik semua siswa sehingga mereka berkembang secara optimal sesuai potensi mereka. Mengingat begitu beragamnya bentuk-bentuk kelainan yang masuk ke dalam kelompok anak berkebutuhan khusus, dan belum adanya kesamaan persepsi tentang tahapan pendidikan dan outcome yang diharapkan pada anak berkebutuhan khusus ini, antara pendidik, psikolog, dokter spesialis saraf anak, serta orang tua sebagai langkah awal perlu dilakukan kesepakatan terhadap diagnosis kasus yang akurat kemudian tahapan pendidikan dan pembelajaran yang akan diberikan pada mereka. Buku ini disusun bersamaan dengan peringatan hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 2015, dengan harapan dapat digunakan oleh para guru, terapis dan orang tua dalam melakukan identifikasi dan asesmen bagi anak berkebutuhan khusus. Selain itu buku ini dapat digunakan sebagai bahan referensi tambahan bagi mahasiswa Pendidikan Luar Biasa dalam Mengenal konsep identifikasi dan asesmen. Harapan penulis, semoga buku ini dapat dimanfaatkan untuk membantu anak-anak berkebutuhan khusus, agar memperoleh pelayanan pendidikan yang bermakna bagi kehidupan mereka.




                          Judul Buku : Sejarah Peradaban Islam
                                  ( Dari Masa Klasik Hingga Modern)
                          Penulis : Dudung Abdurrahman
                          Penerbit : Lesfi
                          Tahun Terbit : 2016
                          Tebal Halaman : 387 Halaman

Resensi:

         Buku yang berjudul “Sejarah Peradaban Islam ( Dari Masa Klasik Hingga Modern)”. Buku ini ditulis oleh Dudung Abdurrahman yang berisi tentang kumpulan tulisan mengenai sejarah peradaban Islam yang disusun dengan memadukan penekanan kronologi dan within. Buku ini berusaha meliput perkembangan peradaban Islam di dunia mulai dari zaman klasik sampai zaman modern, tidak hanya peradaban yang berkembang di Timur Tengah, tetapi juga di Afrika dan asia bahkan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Hal ini diharapkan dapat menambah publikasi tentang Islam di Indonesia yang selama ini kurang mendapat perhatian dunia meskipun prosentase penduduk beragama islamnya tinggi. Buku ini juga menyajikan pembahasan yang komprehensif mengenai fenomena peradaban Islam ; proses dan variasi bentuk dialog antara nilai-nilai Islam dan kondisi masyarakat dari berbagai kawasan, dunia, sehingga tampak kaya dan beragamnya sejarah Islam itu. Ini, sudah barang tentu merupakan aset yang tidak kecil artinya bagi peradaban manusia didunia. Islam ternyata telah menjadi penggerak sejarah yang menentukan.




Judul Buku : Teologoi Cinta-Kasih (Implementasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai    Ahlussunnah Waljama’ah An-Nahdliyah
Penulis : Mohammad Syihabuddin
Penerbit : Nahdliyin Learning Center
Tahun Terbit : 2013
Tebal Halaman : 271 Halaman  







Resensi:

Buku yang berjudul “Teologoi Cinta-Kasih (Implementasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Ahlussunnah Waljama’ah An-Nahdliyah”. Buku ini ditulis oleh Mohammad Syihabuddin  yang berisi mengenai uapaya menerjemahkan konsep pemikiran Islam rahmatal lil’alamin yang menjadi tonggak utama gagasan ahlussunah waljama’ah an-Nahdliyah. Penulis berusaha membaca cakrawala berfikir dan wacana khazanah keislaman yang diamalkan dan dikaji oleh Nahdlatul Ulama dengan berbagai pandangan yang berkembang ditengah-tengah masyarakat, terutama masyarakat yang masih memperhatikan kaedah-kaedah intelektual. Kajian buku ini memang tidak terlalu luas, hanya beberapa point penting saja yang penulis kaji dan diskusikan, dengan menyesuaikan bidang-bidang yang aktual dan terasa progress, terutama mengangkat secara tinggi-tinggi konsep Islam rahmatal lil’alamin, bukan Islam yang gampang menghalalkan kekerasan dan pertumpah darahan.





Judul Buku : Nur Muhammad Dalam Kebatinan Jawa (Tinjauan Sufistik Atas Konsep  Suksma Sejati Dalam Serat Sasangka Jati, Paguyuban Ngesti Tunggal,  Pangestu)

Penulis : Nur Kholis

Penerbit : STAIN Po PRESS

Tahun Terbit : 2016

Tebal Halaman : 288 Halaman


Resensi:

        Buku yang berjudul “Nur Muhammad Dalam Kebatinan Jawa: Tinjauan Sufistik Atas Konsep Suksma Sejati Dalam Serat Sasangka Jati, Paguyuban Ngesti Tunggal, Pangestu ini menceritakan bahwa wacana tentang Nur Muhammad semakin lamgka dibahas di kalangan umat Islam. Antara lain disebabakan oleh pandangan para ulama dan cendekiawan Islam yang masih kontroversial. Di satu oihak ada yang meragukan otensitisitas paham Nur Muhammad sebagai ajaran Islm karena bercampur dengan filsafat Yunani, ajaran Trinitas Kristen, Budha, dan kejawen. Malah menurut sebagian dari mereka, paham Nur Muhammad adalah Bid’ah, mengadakan sesuatu yang sebenarnya tidak ada dalam agama. Namun di pihak lain, bagi orang yang bijak, ajaran tentang Nur Muhammad merupakan doktrin yang benar dan memiliki dasarnya yang kuat dalam islam. Bagi sufi, ,e,ehai dan mengamalkan ajaran Nur Muhammad bukan saja mustahab, tapi sudah menjadi kewajiban sebagai sarana untuk ma’rifah, mengenal Allah dan mengesakan-Nya.



#Admin INA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Kami

Kesan Pesan ✌